Melompat merupakan salah satu materi pelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Materi melompat yang diberikan tentunya sesuai dengan tingkatan kemampuan dan perkembangan anak didik. Diharapkan agar guru pendidikan jasmani dapat menciptakan bentuk-bentuk melompat yang berfariasi.
Materi melompat untuk kelas 1 dan kelas 2.
1. Melompat tanpa awalan.
Ayunkan lengan dan melompat
Siswa mengayunkan lengan ke depan dank e belakang dengan irama hitungan 1, 2, …dan 3
bersamaan dengan melompat.
2. Melompat tegak
Siswa dalam formasi lingkaran, siswa mengayunkan kedua lengan ke belakang dan ke depan
kemudian bersamaan ayunkan lengan ke atas.
Materi melompat untuk kelas 3 dan kelas 4
1. Lompat tali tanpa awalan.
Melompat melewati tali (karet tangan) untuk melihat cara mendarat yang baik (kedua kaki
bersamaan menyentuh tanah, lutut bengkok, lengan menjulur de depan).
2. Lompat tali dengan membentuk huruf V
Berdiri pada bagian antara kedua tali yang berjarak pendek kemudian melompat ke arah tali.
Berdiri pada bagian yang paling lebar dari huruf v dan melompatlah ke sebelah sisinya.
Perhatikan gerakan ayunan lengan dan bengkokkan lutut saat awalan. Bila ingin melampaui tali v
bagian terluas kekuatan tungkai untuk melewati tali sangat diperlukan.
3. Melompat mencapai target.
Siswa melompat dengan target jarak yang ukurannya sama dengan tinggi badannya sendiri.
Dapat dilakukan dengan memakai awalan lari dan menumpu dengan salah satu kaki kemudian
melakukan gerak melayang dan diakiri dengan mendarat dengan kedua kaki dalam posisi sedikit
membengkok.
Materi melompat untuk kelas 5 dan kelas 6
1. Melompat melewati kotak dos supermi
Guru menyediakan beberapa dos supermi diatur berjajar setiap dos berjarak lebih kurang 1,5 m.
sambil berlari siswa melompat dos-dos yang ada. Perhatikan saat mendarat kedua kaki mendarat
bersamaan dengan bengkokan lutut.
2. Melompat dari atas balok.
Siswa melompat dari atas balok dan melakukan gerakan mendarat dengan dua kaki bersamaan
dan bengkokkan lutut.
3. Melompat tali dengan awalan.
Dengan awalan 3 langkah siswa melakukan gerakan melompat melewati tali karet tangan pada
saat kaki kanan menumpu. Kedua lengan ayunkan ke depan atas dan bawa badan ke atas
melewati tali dan mendarat dengan kedua kaki dengan lutut di bengkokkan.
4. Melompat tanpa awalan
a. Kedua kaki sejajar dan rapat.
b. Kedua lutut ditekuk.
c. Kedua tangan di ayunkan ke depan (hitungan 1), kemudian kedua tangan diayunkan kebelakang (hitungan 2). Pada hitungan ke3 ayunkan kedua lengan ke depan bersamaan dengan melompat dengan dorongan kedua kaki.
d. Melayang dengan kedua lutut di tekuk dan kedua tangan menjulur ke depan.
e. Melakukan pendaratan dengan kedua kaki, lutut dibengkokkan.
Sumber : Remenmaos
1. Melompat tanpa awalan.
Ayunkan lengan dan melompat
Siswa mengayunkan lengan ke depan dank e belakang dengan irama hitungan 1, 2, …dan 3
bersamaan dengan melompat.
2. Melompat tegak
Siswa dalam formasi lingkaran, siswa mengayunkan kedua lengan ke belakang dan ke depan
kemudian bersamaan ayunkan lengan ke atas.
Materi melompat untuk kelas 3 dan kelas 4
1. Lompat tali tanpa awalan.
Melompat melewati tali (karet tangan) untuk melihat cara mendarat yang baik (kedua kaki
bersamaan menyentuh tanah, lutut bengkok, lengan menjulur de depan).
2. Lompat tali dengan membentuk huruf V
Berdiri pada bagian antara kedua tali yang berjarak pendek kemudian melompat ke arah tali.
Berdiri pada bagian yang paling lebar dari huruf v dan melompatlah ke sebelah sisinya.
Perhatikan gerakan ayunan lengan dan bengkokkan lutut saat awalan. Bila ingin melampaui tali v
bagian terluas kekuatan tungkai untuk melewati tali sangat diperlukan.
3. Melompat mencapai target.
Siswa melompat dengan target jarak yang ukurannya sama dengan tinggi badannya sendiri.
Dapat dilakukan dengan memakai awalan lari dan menumpu dengan salah satu kaki kemudian
melakukan gerak melayang dan diakiri dengan mendarat dengan kedua kaki dalam posisi sedikit
membengkok.
Materi melompat untuk kelas 5 dan kelas 6
1. Melompat melewati kotak dos supermi
Guru menyediakan beberapa dos supermi diatur berjajar setiap dos berjarak lebih kurang 1,5 m.
sambil berlari siswa melompat dos-dos yang ada. Perhatikan saat mendarat kedua kaki mendarat
bersamaan dengan bengkokan lutut.
2. Melompat dari atas balok.
Siswa melompat dari atas balok dan melakukan gerakan mendarat dengan dua kaki bersamaan
dan bengkokkan lutut.
3. Melompat tali dengan awalan.
Dengan awalan 3 langkah siswa melakukan gerakan melompat melewati tali karet tangan pada
saat kaki kanan menumpu. Kedua lengan ayunkan ke depan atas dan bawa badan ke atas
melewati tali dan mendarat dengan kedua kaki dengan lutut di bengkokkan.
4. Melompat tanpa awalan
a. Kedua kaki sejajar dan rapat.
b. Kedua lutut ditekuk.
c. Kedua tangan di ayunkan ke depan (hitungan 1), kemudian kedua tangan diayunkan kebelakang (hitungan 2). Pada hitungan ke3 ayunkan kedua lengan ke depan bersamaan dengan melompat dengan dorongan kedua kaki.
d. Melayang dengan kedua lutut di tekuk dan kedua tangan menjulur ke depan.
e. Melakukan pendaratan dengan kedua kaki, lutut dibengkokkan.
Sumber : Remenmaos